Laporan Kegiatan Penjualan Kewirausahaan


LAPORAN
KEGIATAN PENJUALAN PRODUK KEWIRAUSAHAAN
“O-YUMMY”




Disusun oleh:

Kelompok V

1.     Nursyahbani Tenri Waru (1654041001)
2.     Dhesy Bonita Syavitri Murrad (1654040008)
3.     Ogie Lukman Pratama (1654042010)



Fakultas Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Makassar
2018





KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi petunjuk dan ridho-Nya sehingga penyusunan laporan penjualan produk ini dapat kami selesaikan dengan baik, dan shalawat beriring salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
            Dengan kesepakatan anggota kelompok maka kami telah menetapkan usaha yang akan di jalani untuk tugas ini. Usaha kami bergerak di bidang kuliner dengan menjual produk camilan dari bawang bombay, karena yang mana usaha ini cukup menguntungkan dari segi waktu dan material. Objek pasar nya cukup baik dan memiliki prosfek yang signifikan dan kemungkinan kembalinya modal.
            Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa terdapat kelemahan dan kekurangan dalam penyajian, hal tersebut karena terbatasnya kemampuan dan pengetahuan yang kami miliki, karena itu mohon kiranya dimaklumi.
            Demikian laporan ini kami susun dalam waktu yang telah di rencanakan. Kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun sangat kami harapkan agar penyusunan laporan selanjutnya dapat lebih baik.


Makassar, 28 November 2018




Penulis







DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang Masalah...................................................................................4
B.                 Tujuan Usaha....................................................................................................4
C.                 Pelaksanaan Kegiatan........................................................................................4
BAB II PROSES PRODUKSI
A.                Proses Produksi/Proses Perekrutan Barang.......................................................9
B.                 Perhitungan Modal dan Laba...........................................................................12
BAB III LAPORAN KEUANGAN
C.                 Potensi Dasar....................................................................................................14
D.                Kendala.............................................................................................................14
E.                 Strategi Pemasaran...........................................................................................15
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
F.                  Penjualan..........................................................................................................16
G.                Hasil dan Pembahasan.....................................................................................16
BAB III PENUTUP
H.                Kesimpulan.......................................................................................................17
I.                   Saran................................................................................................................17










BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki beranekaragam umbi-umbian khususnya bawang. Bawang adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam masakan. Selain memberikan rasa, bawang juga bisa memberikan aroma sedap pada masakan kita. Oleh sebab itu, bawang hampir selalu hadir dalam bahan atau bumbu setiap masakan.  Di luar negeri, onion atau sebutan untuk bawang, ternyata hanya merujuk untuk bawang merah dan bawang bombay yang kita kenal. Namun jika menyebutkan kata ‘bawang’ di pasar atau supermarket, anda akan diberikan berbagai pilihan bahan. Dan bahan-bahan ini pun juga memiliki kegunaan yang beragam dalam masakan anda. Di Indonesia pun terdapat berbagai jenis macam bawang diantaranya bawang merah, bawang putih, bawang bombay kuning, bawang bombay putih, serta daun bawang.
Oleh karena itu, Kami sebagai generasi muda ingin mengembangkan produk serta pemasaran salah satu camilan yang berbahan baku berasal dari bawang bombay kuning yaitu “bawang cincin” atau yang lebih dikenal dengan “Onion Ring”. Berdasarkan hasil riset kecil-kecilan yang kami lakukan, banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya mengonsumsi bawang bombay. Bawang bombay bermanfaat untuk kesehatan jantung serta mencegah terjadinya kanker. Bawang bombay termasuk bahan makanan yang mengandung padat zat gizi. Bawang bombay rendah kalori namun tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan di dalamnya.

Tabel 1.1 Komposisi zat gizi bawang bombay
Unsur Zat-zat Makanan
Jumlah
Air
87.5 g
Energi
43 kal
Protein
1.4 g
Karbohidrat
10.3 g
Serat
2 g
Lemak
0.2 g
Natrium
12 mg
Kalium
9.6 mg
Vit C
9 mg
Kalsium
32 mg
Besi
0.5 mg
Zink
0.3 mg
Vit B2
0.21 mcg
Karoten Total
50 mcg
Berikut ini adalah manfaat dari bawang bombay yang menjadi bahan utama dari Onion Ring:
a.       Kesehatan jantung
Bawang bombay memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dari menjaga tekanan darah, hingga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Hal ini karena adanya kandungan kalium dalam bawang bombay yang memiliki efek penurun tekanan darah. Quercetin, salah satu jenis flavonoid dalam bawang bombay juga membantu kalium menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
b.    Mencegah terjadinya kanker
Manfaat bawang bombay lainnya adalah sebagai pencegah kanker. Bawang bombay masuk ke dalam kelompok sayuran allium. Sayuran allium ini memiliki keutamaan mencegah kanker terutama kanker perut dan kolorektal (usus besar) karena senyawa organosulfur di dalamnya yang sangat tinggi.
Mekanisme tepatnya bagaimana organosulfur menghambat pertumbuhan sel kanker masih belum diketahui, namun pada dasarnya senyawa ini berperan penting mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Bawang bombay juga merupakan sumber antioksidan dari vitamin C yang sangat kuat. Kondisi ini membuat bawang bombay memiliki kekuatan yang besar untuk menangkal radikal bebas yang memicu kanker.
Selain itu, bawang bombay juga dikenal dengan kandungan quercetinnya. Quercetin merupakan agen anti kanker yang kuat. Dilansir dari laman Live Science, orang yang makan bawang bombay menyerap dua kali lebih banyak quercetin dibandingkan mereka yang minum teh, tiga kali lebih banyak dibandingkan mereka yang makan apel. Apalagi pada bawang bombay yang merah, kandungan quercetinnya paling tinggi.
Bawang bombay juga dapat membantu menangani efek samping dari pengobatan kanker. Sebuah studi tauhn 2016 dalam Integrative Cancer Therapies menemukan bahwa mengonsumsi bawang bombay segar membantu mengurang terjadinya resistensi insulin dan hiperglikemia pada pasien kanker payudara yang sedang menjalani kemoterapi. Seperti yang sering terjadi, kemoterapi kanker payudara biasanya menimbulkan efek samping ini.
c.       Menjaga mood
Folat yang ditemukan dalam bawang bombay ternyata juga bisa mengurangi gejala depresi dilansir dalam laman Medical News Today. Folat mengurangi terbentuknya homosistein, senyawa yang bisa mencegah darah dan zat gizi mencapai otak dengan optimal. Dengan menekan produksi homosistein, ini artinya produksi zat kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin bisa diproduksi dengan lancar. Produksi zat kimiawi otak ini yang lancar membuat otak lebih optimal mengatur suasana hati, siklus tidur, dan juga nafsu makan.
d.      Menguatkan kekebalan tubuh
Manfaat bawang bombay juga sebagai penguat sistem imunitas tubuh. Polifenol dalam bawang bombay bertindak sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Berkurangnya tumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat. Menurut University of Maryland Medical Center, quercetin di bawang juga bantu mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin, yang membuat Anda bersin, menangani, dan gatal.
Pengembangan produk dan pemasaran Onion Ring ini bertujuan untuk mengangkat nilai jual serta menambah segmen pemasaran terutama di daerah sekitar kampus Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. Perbaikan pemasaran dilakukan dengan cara memperbaiki kemasan serta olahan dari Onion ring tersebut. Sedangkan untuk perbaikan produk, kami berinovasi dengan berbagai jenis saos sesuai keinginan konsumen (saos sambel, saos tomat, mayonaise, serta mayo pedas). Selain itu, untuk memberi kesan penasaran pada konsumen serta agar konsumen tertarik untuk mencoba produk ini, kami memberi nama produk kami “O-Yummy!”. Kami berharap dengan adanya produk baru ini bisa meningkatkan nilai jual bawang bombay serta dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi customer maka sebagai pelajar kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas mata pelajaran kewirausahaan ini kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana guna mendapatkan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausahawan. Usaha ini didasari oleh tugas kelompok Kewirausahaan dimana tugas ini dikerjakan secara berkelompok.
Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi setiap individu untuk masa yang akan datang. Saat ini kami mencoba menawarkan camilan dari bawang bombay (O-yummy) di lingkungan Universitas Negeri Makassar.

Tujuan Usaha
Tujuan usaha ini selain memenuhi salah satu praktik tugas kewirausahaan juga bertujuan sebagai penambah pengetahuan sekaligus pengalaman dalam berwirausaha. Dan bisa mendapat live skill dan mengaplikasikan ilmu kewirausahaan yang telah ditetapkan di sekolah ke dalam praktik yang sesungguhnya. Karena melalui penjualan dan pemasaran ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan dan memberikan pelayanan yang terbaik agar customer merasa puas.

Pelaksanaan Kegiatan
          Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di beberapa tempat dalam waktu 4 hari yaitu :
·         Hari/Tanggal  : Kamis, 15 November 2018
           Waktu             :  10.00 – 17.00 WITA
            Tempat          : Jl. Daeng Tata I, BTN Tabaria Blok A12. No. 8 B
·         Hari/Tanggal: Jum’at, 16 November 2018
Waktu         :  10.00-17.00 WITA
Tempat       : Jl. Daeng Tata I, BTN Tabaria Blok A12. No. 8 B

·         Hari/Tanggal: Selasa, 20 November 2018
Waktu         : 10.00-17.30 WITA
Tempat       : Jl. Daeng Tata I, BTN Tabaria Blok A12. No. 8 B

·         Hari/Tanggal: Jum’at, 23 November 2018
Waktu          : 10.00-17.30 WITA
Tempat       : Jl. Daeng Tata I, BTN Tabaria Blok A12. No. 8 B
Kegiatan ini kami lakukan di lingkungan UNM Parangtambung dan sekitarnya dengan target pemasaran adalah mahasiswa dari FBS UNM itu sendiri.























BAB II
PROSES PRODUKSI

Proses Produksi/ Proses perekrutan barang
Dalam proses pembuatan Onion Ring ini, kami mengerjakannya di pagi hari, kami mengolah bahan-bahan saat siang harinya akan kami pasarkan. Bahan-bahan dibeli sehari sebelum kami mengerjakannya. Adapun bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan yaitu :

Bahan-Bahan :
·         3 Butir Telur 
·         1kg bawang bombay              
·         1 Mayonaisse
·         1 bungkus penyedap masakan
·         1 bungkus tepung panir
·         1kg tepung terigu
·         1 liter minyak goreng
·         1 pack saos sambel saschet
·         1 gelas air mineral

Peralatan :
Penggorengan, spatula, saringan minyak, piring, serbet penyerap minyak.

Cara Pembuatan :
1.      Kupas dan iris bawang bombay hingga membentuk seperti cincin.
2.      Siapkan wadah untuk terigu. Tambahkan penyedap rasa di terigu tersebut dengan satu butir telur. Tambahkan pula air mineral secukupnya. Aduk rata.

3.      Siapkan wadah untuk tepung panir.
4.      Ambil bawang bombay yang sudah diiris, masukkan ke terigu yang sudah diaduk rata.
5.      Setelah merata, celupkan ke tepung panir hingga rata.
6.      Lalu panaskan minyak di api yang sedang.
7.      Kalau minyak sudah panas, masukkan adonan onion ring tersebut ke dalam minyak.
8.      Jika sudah berwarna orange kecoklatan, silahkan diangkat dan tiriskan.
Perhitungan Modal dan Laba
Rincian Dana :
·         3 Butir Telur                                        = Rp. 5.000,00
·         1kg bawang bombay                           = Rp. 30.000,00
·         1 Mayonaisse                                      = Rp. 28.000,00
·         1 bungkus penyedap masakan                        = Rp. 7.000,00
·         1 bungkus tepung panir                       = Rp. 5.000,00
·         1kg tepung terigu                                = Rp. 10.000,00
·         1 liter minyak goreng                          = Rp. 12.000,00
·         1 pack saos sambel saschet                 = Rp. 7.000,00
·         1 lembar print sticker logo                  = Rp. 15.000,00
·         2 pack box makanan sterofoam          = Rp. 10.000,00
·         1 pack kantong plastik                        = Rp. 15.000,00
·         1 pack plastick sachet                         = Rp. 6.000,00

·         Total                                                 = Rp. 150.000,00
                                                           


















BAB III
LAPORAN KEUANGAN

Laporan Keuangan
Modal @Rp. 50.000,- x 5 orang
 = Rp.150.000 ,-
Pengeluaran
 = Rp. 150.000,-
Sisa Modal
 = -

Penjualan :
45 box O-Yummy Saos (Rp.7000 x 46)
33 box O-Yummy Mayo (Rp.10.000 x 33 )
 Rp. 322.000,00

 Rp. 330.000,00
Hasil Penjualan
 Rp.652.000,-
Keuntungan Penjualan (Laba)
 Rp.502.000,-
                                              
Potensi Dasar
                Adapun kelebihan dari usaha yang kami praktekkan yaitu :
·          Modal pembuatan produk mencukupi
·          Bentuknya menarik
·          Harga terjangkau
·           Cukup peminat
·          Lebih inovatif dalam penyajiannya
·          Lezat
Kendala
            Kendala yang kami alami selama mengerjakan tugas kewirausahaan ini yaitu banyaknya pembeli yang ingin membeli pada saat kami melaksanakan kuliah serta pemesanan yang jaraknya lumayan jauh sehingga makanan sudah dingin ketika sampai di tempat pembeli tersebut.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara promosi langsung (face to face) kepada customer serta via online dengan  memberitahu kepada pembeli  harga yang telah kami tetapkan. Selain mendatangi orang-orang yang lagi duduk santai menunggu kelas atau hanya bercerita-cerita, kami juga menawarkan kue bolu kepada beberapa teman-teman yang kami kenal untuk membeli. Banyak yang tertarik dengan kue bolu kami karena service yang sopan dan ramah dari kami.
Dengan melakukan tahap-tahap diatas kami berusaha untuk membujuk customer agar tertarik perhatiannya pada produk sehingga pada akhirnya bisa melakukan pembelian atau transaksi. Kebanyakan daricustomer kami adalah mahasiswa yang sedang santai, sehingga penjualan o-yummy pun dapat berjalan lancar dan banyak yang membeli.


















BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Penjualan
Kegiatan penjualan merupakan kegiatan pelengkap atau suplemen dari transaksi, oleh karena itu kegiatan penjualan terdiri dari serangkaian yang meliputi menemukan si pembeli dan pengenalan produk.Penjualan yang kami lakukan merupakan sebuah rangkaian penjualan produk dimana produk tersebut merupakan produk pangan.
Dalam kegiatan ini kami mencoba menawarkan kue bolu. Proses penjualan yang kami lakukan yaitu “PESAN ANTAR”Kami menawarkan O-Yummy dan bagi yang tertarik bisa memesannya. Lalu bagi yang memesan kami catat namanya pada selembar kertas. Ketika O-Yummy sudah dipesan, kami mengantarnya kepada konsumen. Lalu mengambil foto konsumen sebagai data dokumentasi.

 Hasil dan Pembahasan
Kegiatan ini kami lakukan agar mendapatkan sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi seorang Wirausaha yang handal disamping mendapatkan keuntungan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pelajar khususnya kami, karena dengan melakukan kegiatan seperti ini maka kami mendapatkan sebuah pengalaman untuk menjadi seorang Wirausaha, mempelajari bagaimana cara menawarkan dengan baik dan berinteraksi dengan orang banyak. Dari keseluruhan kegiatan yang kami lakukan maka kami dapat menganalisa usaha yang kami jalankan sebenarnya cocok untuk dilaksanakan secara continue di dalam Lingkungan kampus karena marketing yang potensial dan sangat menerima. Metode terakhir yang dilakukan adalah penyusunan laporan dari produk “O-Yummy!”
 Laporan ini disusun untuk memberikan informasi kepada pihak lain tentang aspek produksi, keuangan, dan promosi yang kami lakukan pada produk tersebut. Dengan adanya penyusunan laporan tersebut diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah kami lakukan, sehingga dapat berguna dalam penyusunan laporan penjualan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di masa yang akan datang.

BAB V
PENUTUP

Kesimpulan   
Kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan adalah bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini. Menawarkan dan menjual produk terhadap lingkungan sekitar sekolah memiliki banyak manfaat untuk menjadi seorang wirausaha yang handal dan sukses. Bahkan dapat kami simpulkan bahwa modal bukanlah segalanya dalam dunia usaha seperti ini, asal ada kemauan dan keinginan untuk berusaha pasti kita bisa melakukannya. Hanya saja kita harus benar-benar melihat peluang yang ada serta berbagai hal yang penting seperti segmentasi, target dan lain-lain.
Saran/Tanggapan
Saran yang ingin kami sampaikan yaitu semoga dalam mata kuliah kewirausahaan selanjutnya kegiatan Praktek Lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan ditingkatkan lebih lagi. Karena sangat bermanfaat bagi para pelajar yang ingin menjadi seorang wirausaha yang handal. Kegiatan ini dapat menjadi proses awal bagi pelajar sebelum terjun langsung di dunia bisnis. Dan peluang bisnis yang mungkin sangat potensial di lingkungan SMK Farmasi Mandiri Banjarmasin adalah bisnis pangan, sehingga perlu dilanjutkan secara continue.











LAMPIRAN
Description: C:\Users\toshiba\Pictures\TWHZ5634.PNG
Logo Produk O-Yummy








Produk O-Yummy Setelah Dikemas

(Nurul Pratiwi, Mahasiswi UNHAS Jurusan Hubungan Internasional)
(Adnan Al-Faridzi, Mahasiswa UNM Jurusan Bahasa Inggris)

Alfiah Ayudia, Mahasiswi UNM Jurusan Ekonomi
Rini Amriani, Mahasiswi UNM Jurusan Bahasa Indonesia




                


                      














Komentar

  1. Terimakasih Sharingnya sangat bermanfaat,
    untuk pembahasan mengenai penjualan dan laporan history penjualan mungkin link berikut bisa menjadi tambahan Referensi

    https://www.krishandsoftware.com/blog/1534/pengertian-laporan-history-penjualan/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal PKM-Kewirausahaan

Maccera' Tappareng, Traditionalle Kultur von Sued Sulawesi